Selasa, 10 Juni 2014

Pelajaran Dari Memulai Bisnis Reseller Baju

Well, gua belum punya bisnis reseller baju yang sukses sih... tapi... at least I've learned something from the past few months gua terjun di dunia bisnis reseller.
 Gak ada salahnya gua tuangkan disini :D

Here goes:
  • Niat dan mental yang sangat kuat
Ini beneran, serius perlu. Bukan cuma sekedar kata-kata klise. Tapi gua buktiin sendiri.
Pada saat gua niat banget ngawasin toko online gua, pesenan dateng, yah walaupun bukan yang selusin gitu... tapi ada lah kirim barang minimal sehari sekali. Dan yang nanyain baju-baju gua juga banyak, walau belum tentu semua konversi ke pembelian. But at least ada interest.
Nah, begitu gua males2an, niat mulai memudar... pembeli pun menjauh, toko online gua jadi lama gak keupdate. Kalau udah kondisi gini, malah jadi lingkaran setan, mau bangkit lagi juga udah demotivasi duluan. Ya makin tenggelam lah usaha gua. Gak pernah update2 stok lagi, males dan takut keluar modal lagi, semangat nge-bisnis nya udah ilang lah.
Makanya niat dan mental yang kuat ini perlu banget. Harus punya target yang kudu tercapai lah intinya. Jadi gak sekedar iseng-iseng berhadiah juga.
Kayak gua sekarang ini, mulai memperbaiki niat gua. Pokoknya gua punya target umur 30 gua udah punya bisnis yang steady!

Yosh! Gambare!
  • Pilih metode:
Cari metode jualan yang paling pas gua lo. Kalau lo gak kerja, masih memungkinkan untuk full buka usaha di rumah. Tapi kalau lo kerja, dan gak bisa seharian full ngurusin jualan, ya ada baiknya pake metode online. Banyak media online buat jualan: marketplace (semacam Tokopedia, Tokobagus, BukaLapak, Kaskus, dll), Facebook, BBM, Whatsapp, dll.
Media-media tersebut cocok buat mulai dari beginner sampe expert menurut gua. Terus kalau stock barang udah banyak, or dapet supplier yang memang bisa guarantee stock selalu update, bisa lah bikin toko online. Sekarang banyak provider buat web toko sendiri, yang sudah sekalian dengan pengaturan pembayaran segala. Salah satunya bukatoko.com (saat ini, ini yang gua pake, walaupun belum sempet gua update juga... hehe...)
Kalau gua sendiri pilih metode online, karena gua belum jago jualan face to face :D
Basically gua pemalu, jadi yang namanya nawarin itu bersifat sangat pasif buat gua, so online shop works the best for me.
Terus yang harus dipilih juga adalah: lo mau jadi reseller / dropshipper.
Kalau masih pemula, ada baiknya pilih sistem dropship karena lo gak repot bungkus2 barang or keluar modal awal untuk beli stock barang (yang belum tentu bisa lo jual semua). Sistem dropship ini juga bisa jadi ajang belajar buat lo. Gimana ngenalin produk yang lagi diminati sama pasar, gimana cara jualan, gimana cara jaga kualitas barang supaya customer tetep dapet barang terbaik (walaupun lo gak pernah beli barang itu), gimana ngenalin supplier yang baik dan berkualitas tapi murah, dsb dsb. Pokoknya jadi ajang belajar banget lah.
Kalau sudah PD, bisa meningkat ke reseller. Biasanya diskon yang diberikan oleh supplier kepada reseller itu lebih besar (i.e. untung lebih besar), karena reseller harus ambil barang dalam jumlah besar. Modal untuk jadi reseller bisa berkisar minimal 1 jutaan. Jadi kalau mau jadi reseller harus sudah yakin dulu lo kenal pasarnya, karena lo harus habisin barang yang udah lo beli itu.
  • Riset supplier / distributor baju yang gak hanya murah tapi juga berkualitas
Riset bisa dimulai dari desktop search, alias: googling ajaaah.
Masukin aja keyword seputar: distributor baju murah, supplier online shop murah, dan lain-lain. Semakin spesifik produk lo, semakin bisa mengerucut juga keyword yang lo masukin.
Baca-baca profile suppler, liat contoh-contoh barangnya, menarik gak? Kira-kira kualitasnya bagus gak? Harganya cocok gak? Bisa juga langsung kontak PIC nya, tanya-tanya jumlah reseller nya berapa, gimana keadaan stock barangnya, gimana caranya supaya kita bisa tetep update sama stock barang dia, gimana ketentuan-ketentuan dropship / reseller dia, bisa lo penuhin apa enggak, dll.
Usahakan untuk awal, lo jangan cuma punya satu supplier, supaya barang yang lo jual lebih beragam, lebih banyak pilihan. Lama-lama lo bakal eliminasi sendiri, supplier mana yang paling pas buat jadi rekanan bisnis lo.
  • Siapkan modal
Kadang supplier juga mensyaratkan kita beli beberapa pieces dulu untuk mulai jadi anggota dropshipper. Jadi jangan kaget, kalau kita gak bisa benar-benar memulai bisnis ini dari 0 rupiah (walau ada juga yang gak punya syarat ini, biasanya supplier udah besar dengan reseller udah banyak, which means juga.... produk dia udah banyak yang jual di pasaran sana, banyak saingan). IMHO, kita memang harus siapkan modal awal. Well, bukan modal sih sebenarnya, i prefer to call it as... ongkos belajar :)
Gak besar sih insya Allah, paling cuma ratusan ribu, tergantung harga barang yang lo pilih. Kalau baju-baju kualitas tinggi biasanya per pcs nya sekitar 250ribuan, kalau baju-baju Korea yang ukurannya kecil-kecil sih biasanya cuma 50ribuan..
Intinya jangan takut keluar modal, hitung-hitung kita liat kualitas barang dia juga. Dan itu tadi, anggap aja ongkos belajar.
  • Update toko setiap hari
Media apapun yang lo pake, toko / display lo harus diupdate tiap hari. Karena stock dari supplier juga pasti berubah-ubah, dan produk yang dia jual juga pastinya nambah lagi dan lagi.
Be the first to update your store with new arrivals. Buat display semenarik mungkin, lengkapi dengan keterangan yang jelas, singkat, padat, namun inviting. Misal: dress big size up to 6XL, high quality. minat PM.
  • Jangan malu.
Nah, ini yang masih gua pelajari. Karena basically gua ini orangnya pemalu, dan gak mau ganggu orang. Gua juga tipe yang bakal terganggu kalau FB gua di tag-in dagangan orang. Makanya gua gak mau tag orang dalam iklan FB gua.
Tapi.... orang tetep harus tau kalau lo lagi jualan. Terutama temen dan saudara, karena most likely mereka lah orang-orang yang bakal beli produk lo pertama kali (dan mungkin sekalian promosiin).
So be brave. Update page / web / BBM / grup Whatsapp / Instagram / or apapun dengan produk2 lo. Lo gak perlu tag orang, or PM orang, karena mungkin orang itu akan terganggu. Tapi at least announce it to the world that you have good products to sell.
Jangan malu di cap lagi jualan, karena ya emang lo lagi jualan kan? Mencari rejeki dari Tuhan. What's wrong with that?
Yang harusnya malu justru yang hanya duduk diam tidak berusaha, dan hanya update2 status galau or curcol gak jelas :D 
  • Service dengan baik
This is the rule of thumb buat jualan.
Ini yang bisa bikin jualan lo beda di mata customer. Contoh, packaging yang menarik, akurasi dan kecepatan yang bagus, diskon kalau beli banyak, responsif kalau ditanya-tanya (jam berapapun), dan hal-hal perintilan lain yang mungkin kecil tapi bikin pelanggan inget sama toko kita. Ini yang bisa bikin pelanggan datang lagi dan lagi. 
  • Jangan terlena, tetapkan target, dan fokus ke sana
 Masa belajar jangan lama-lama, ntar kita stuck di tempat gak maju-maju.
Biar semangat terus, tetapkan target, jangkat waktu, dan fokuslah ke sana. Kalau gua pribadi, targetnya harus bisa bikin brand baju big size sendiri by next year. Jalan menuju kesana ya gua riset pasar dengan jadi dropship baju-baju ukuran besar. Kenali kualitas bajunya, dan model yang diminati.
Gua juga udah ngantongin beberapa kontak konveksi yang kira-kira bisa produksi baju secara masal dengan harga kurang lebih hanya puluhan ribu saja. Sekarang tentunya gua belum bisa produksi masal, cuman nanti kalau gua udah punya pasar yang loyal, gua bisa masukin barang brand gua sendiri.
Itu ntar, sekarang masih riset dulu. Nyemplung dulu ke lautan bisnis baju ini dan ngelmu yang bener. Semoga punya nafas yang panjang untuk bertahan.
Nah, segitu dulu kali ya. Untuk celah-celahnya yang lain (mungkin ada mungkin juga enggak), itu gua juga masih harus belajar. Yang jelas, untuk urusan ginian memang harus terjun langsung dan belajar sendiri. Kalau diibaratin kayak belajar berenang deh, lo gak bakal bisa survive di lautan kalau lo belajar berenangnya di lantai. Ya kan? :D

Baju dan Dress Big Size Harga Terjangkau

Tidak ada komentar: