Rabu, 07 Januari 2015

Belajar Nge-Bisnis (lagi) -- Nyari Supplier Yang Tepat

Yeay!
Akhirnya gua bisa update ini blog dengan pengalaman-pengalaman belajar nge-bisnis gua (yang masih minim ini).

Singkat cerita Desember kemarin gua mulai getol lagi jualan baju.
Ternyata gua ini tipe penjual musiman. Jadi kalau lagi festive season gua getol jualan, kalau udah selesai, gua nyantai lagi jualannya :)
Nah, Desember kemarin kan ada event Natal dan Tahun Baru tuh, ramai lah orang-orang pada beli baju.
Gua menangkap peluang ini untuk jualan dress, khususnya dress untuk orang berukuran besar. Alhamdulilah strategi ini membuahkan hasil yang manis :)

Sebelumnya gua emang udah jadi reseller baju-baju ukuran besar, tapi memang harganya agak mahal sih.... ratusan ribu gitu. Beda lah dengan istilahnya baju-baju korea yang 50ribuan juga dapet.
Tapi memang bajunya juga ukurannya besar-besar, bahannya juga bagus-bagus. Makanya tetep ada yang beli.
Metode jualan gua tetep online, karena gua sambil kerja dan ngurus anak. Media tetep Tokopedia.
Tokopedia ini mudah digunakan, komprehensif, dan secure baik buat penjual maupun pembeli. Selain itu, dari beberapa media yang gua gunakan: Tokopedia, IG, BBM group, ternyata memang Tokopedia yang paling banyak menghasilkan. Kalau dari IG dan BBM Group agak susah konversi ke pembeliannya.

Move along.
Nah, kali ini gua berpikiran, apakah supplier gua sekarang ini adalah supplier tangan pertama? Atau dia ambil dari toko lain juga?
Akhirnya gua mulai lah investigasi tentang asal barangnya toko ini. Caranya, tak lain dan tak bukan adalah gooling. Gimana caranya?

Begini, gambar-gambar baju yang mereka jual, pasti di dapat dari suatu sumber. Kalau reseller biasanya tinggal save image gambar baju dari website si supplier, seperti yang gua lakukan selama ini. Jadi, gua menggunakan fitur Search Image dari Google.
Gua upload foto baju yang gua save dari toko itu, terus gua search, ternyata sudah ada beberapa toko yang jual produk yang sama. Beberapa bahkan jual dengan harga lebih murah.
Hmmm, kesimpulan pertama: supplier gua bukan supplier tangan pertama. Ada supplier di atas nya yang pastinya menjual baju-baju ini dengan harga lebih murah. Kalau gua bisa dapetin supplier tersebut, gua bisa dapet untung lebih banyak, dan mungkin produk lebih update.

Searching gini juga sebenarnya bisa dilakukan dengan keyword sih. Gua pake keyword kode baju dan detail ukuran bajunya. Dan voila! Setelah geser ke page 2, ketemulah suspect supplier tangan pertama nya. Seneng banget gua, karena ternyata supplier gua sekarang ambil untungnya besar banget, 15,000+10% harga baju.
Akhirnya gua kontak supplier tangan pertama ini dan apply jadi reseller nya. Memang dia mensyaratkan gua harus beli 3 baju sekaligus dulu pertamanya, baru setelah itu baju yang gua beli per pcs akan di diskon 10%.
Alhamdulilah saat itu lagi rame beli baju buat Natalan, jadi tiap hari ada yang beli baju dari Tokopedia gua, dan lebih dari satu. Nah, pas kan?! Gua gak perlu beli 3 pcs itu sia-sia, karena memang sudah ada yang order juga.

Sejak gua gabung di supplier tangan pertama itu, untung gua jadi lebih besar :)
Gua tabulasikan dalam satu bulan doang gua jualan, untung bersih yang gua dapat mencapai Rp. 1,136,000,- :) Not bad, right? Untuk sesuatu yang hanya dikerjakan kalau ada waktu luang dan cuma modal koneksi internet doang :)

Alhamdulilah, nambah pelajaran dan pengalaman jualan lagi :)
Sekali lagi, memang hal-hal kayak gini harus terjun langsung dan nekat.
Semoga jalan menuju peluncuran merk baju gua sendiri tidak jauh lagi.
Aaamin :)

Baju dan Dress Big Size Bintaro

Tidak ada komentar: