Selasa, 23 April 2013

PRT of PRT....

Bahwasanya mencari PRT yang bisa all in sambil megang bayi itu lebih susah dari cari jodoh, sodara-sodara...
At least in my case sih.. :(
Waktu itu gua pernah nemenin kakak gua jemput PRT dari penyalur perorangan di Bintaro. Dan sebelum bertolak ke rumah di Bogor, kakak gua and fam plus PRT yang baru dijemput itu mampir ke rumah gua yang emang gak terlalu jauh dari situ. Eh, ternyata baru sejam dijemput....tuh PRT minta pulang. Alasannya karena dia inget sama anaknya gara-gara liat anak kakak gua. Lah....
That was the first time I face the real truth in this maid world: nyari PRT itu susah, kawan! 

Ternyata itu pun kejadian sama gua....
Udah berminggu-minggu telepon penyalur sana-sini, gak dapet-dapet yang cocok. Rata-rata PRT sekarang pada somse (sombong sekali), gak mau pegang all in rumah dan baby. Kalau pun ada yang mau pasti nanya jumlah keluarga ada berapa, tinggal di mana, dan gak mau digaji di bawah 1 juta rupiah. Apalagi yang dari yayasan. Udah punya harga sendiri-sendiri. Minimal banget 1,2 juta. Itu baru dapet baby sitter yang junior alias belum pengalaman. Pernah ada yang kayaknya cocok, pas H-1 mau datang, katanya udah dijemput sama orang Jogja.... Hadeeeeh....
Gua jadi ngerti kenapa banyak temen gua yang akhirnya milih resign dari kerjaan dan jadi full time mom...
Sayangnya gua belum bisa kayak gitu... -__-"

Alhamdulilah minggu lalu gua dapet juga PRT yang bisa all in. Dapetnya dari penyalur perorangan, jadi lebih murah. Hanya keluar biaya travel 200ribu rupiah plus fee 400ribu rupiah. Lebih murah dibanding ambil dari yayasan yang minimal minta fee 1juta. Hati gua udah berbunga-bunga mau dapat PRT. Maklum, my time is running out. sebulanan lagi Kimi mau lahir... Tick tock..tick tock...

Akhirnya hari yang dinanti, tiba. Si bibi (that's how she wanted to be called), datang. Kesan gua pertama kali... ni orang lumayan jutek. Tapi gua sabar aja, mungkin cuma capek perjalanan. Terus pas dia liat kamar dia yang letaknya di atas, dan tangga nya berada di luar, dia langsung pengen minta pindah (aduh gimana ya? emang rumahnya di seragamin gini sama developernya). Tapi dia gak ngomong sama gua, ngomongya sama penyalurnya lewat telepon.
Jadi gua kagetlah pas siang itu tiba-tiba si penyalur nelepon gua dan bilang si bibi pengen pindah dengan alasan tangganya curam.
Si Bibi ini asalnya dari Cilacap dan usianya udah 50 tahun...gua ngerti sih kenapa dia minta pindah. Waktu gua interview sebelumnya gua udah bilang rumah gua tingkat dan kamar dia di atas. Dan dia bilang dia masih bisa kok, dia belum loyo. Ya udah gua pikir OK. But in reality, dia malah mundur. Ya, gua juga gak mau maksa. Akhirnya gua relain aja dia kalau mau pindah (walaupun gua sempet nangis2 di kamar), tapi pada saat itu, suami gua dan adik tiri gua dateng dari beli makan siang. Dan entah kenapa, si bibi langsung berubah pikiran untuk nyoba dulu kerja sama gua. Entah karena dia liat mata gua sembap atau karena apa gua gak tau. Yang jelas si bibi sekarang jadinya kerja di rumah gua. Ya....Alhamdulilah... 

Btw, as I said before, si Bibi ini umurnya udah 50 tahun. Wow... setengah abad... kok gua berani banget ambil PRT yang sudah lanjut usai, untuk kerjaan yang all in lagi.
Itu karena gua tau kerjaan di rumah gua itu dikit banget. Rumah gua itu kecil, tipe 90, dua lantai sih. Gua cuma berdua sama suami, jarang makan di rumah, jarang ada di rumah malah. Weekdays kita selalu berangkat pagi pulang malam, bibi bakal sering sendirian. We just need someone to take care of the house. Ohya, si Bibi ini nampaknya mantan TKI dulu pas muda, soalnya udah pernah kerja di Arab dan Malaysia, jadi untuk kerjaan rumah harusnya udah gak usah dipertanyakan. Dan dari cara ngomongnya, ni bibi kayaknya memang masih energik dan punya tenaga (dan kemauan) buat kerja. Karena dia bilang dia mampu, ya udah gua hire.
Sekarang kerjaan dia masih dikit banget deh! Mungkin ntar pas Kimi udah lahir, kerjaan dia bakal lebih banyak dikit, tapi gua tetep involved kok. I'm his mother anyway.

Well, at least untuk sementara gua aman. Weekend bisa istirahat, bisa ngerjain yang lain, bisa ikut senam hamil lagi.... Semoga si bibi ini bisa cocok sama keinginan gua dan keluarga, bisa cocok sama Kimi ntar, bisa langgeng kerja di keluarga Satyadi ini. Tapi gua juga gak berharap muluk-muluk kok. Gua siap mental kalau tiba-tiba si bibi jadi labil lagi dan pengen pindah. Hopefully it would be for the best and I will get better one in replace :)

Yosh! Gambare!!

Baju dan Dress Big Size Murah dan Terjangkau

2 komentar:

Unknown mengatakan...

bagus ceritanya.
minta infonya dong nomor telpon penyalur perorangannya. saya lagi butuh prt buat dirumah (daerah cikeas-bogor). terima kasih

CatLady99 mengatakan...

Hmm...
Ini postingan udah agak lama sih, dan since then saya sudah berganti-ganti PRT.
Berdasarkan pengalaman sih, gak ada PRT yang dari yayasan / penyalur perorangan yang betahan. Katanya memang dibisnisin sih, jadi kalau ada tawaran gaji yang lebih baik, si penyalur bakal nginfoin si pembantu dan nawarin. Gitu...

Sekarang yang lama di saya adalah yang bukan dari penyalur manapun melainkan dari tetangga.
But, gak ada salahnya kalau mau nyoba. Saya ada dua nomor penyalur nih, tapi dari keduanya ini sih PRT nya pada temporary semua... kalau mau nomornya,saya kirim via email aja ya.